in

How to boost your income as a consultant

Ketika membaca jurnal elektronik dari IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang ditulis oleh John R Platt mengenai bagaimana menjadi seorang konsultan. Pada prinsipnya, setiap orang (yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu) berpotensi untuk menjadi seorang konsultan, tetapi kebanyakan dari mereka memiliki kesulitan untuk menjadikan dirinya sebagai seorang yang bernilai jual (valueable).

Sebuah klien tidak hanya membutuhkan seseorang dengan keahlian Engineering saja, melainkan juga membutuhkan konsultan yang dapat memberikan bentuk komunikasi yang baik, pendapat dan juga personality dari konsultan itu sendiri. Lantas bagaimana dengan biaya yang harus dibebankan kepada klien? James Chan, presiden Asia Marketing dan Management yang tinggal Philadelphia menuturkan setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan.

1. Memberikan pembebanan biaya dari apa yang mereka kerjakan (job description)
2. Memberikan pembebanan biaya berdasarkan trend pasar
3. Memberikan pembebanan biaya berdasarkan hitungan “professional”

Dalam hitungan wajar sebagai seorang konsultan, harga $100 per jam adalah wajar, hitungan tersebut melingkupi biaya untuk keahlian engineering, masukan yang harus diberikan, pendapat dan juga dialog non-engineering yang biasanya muncul ketika konsultasi.

Don’t be shy or timid about stating your fee; When people pay for your work, they pay attention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Woman’s Life

Semesta Memuja